Saturday, January 13, 2018

BABAD GIYANTI: PALIHAN NAGARI & PERJANJIAN SALATIGA

Penulis: Sri Wintala Achmad
Kategori: Sejarah
Judu : BABAD GIYANTI: PALIHAN NAGARI & PERJANJIAN SALATIGA
PenerbitAraska Publisher



Timbulnya Perang Suksesi Jawa III dikarenakan benturan kepentingan kekuasaan antar trah Sunan Amangkurat IV, yakni: Sunan Pakubuwana II, Sunan Pakubuwana III, Pangeran Mangkubumi, dan Pangeran Mangkunagara yang mendapatkan intervensi politis dari pihak Kumpeni. Namun perang yang bukan sekadar melibatkan antar trah Sunan Amangkurat IV, melainkan pula Kumpeni dan para adipati mancanegara tersebut dapat diredam sesudah terwujudnya Perjanjian Giyanti yang berujung Palihan Nagari serta Perjanjian Salatiga.
Agar dapat menguak tentang Perang Suksesi Jawa III, Perjanjian Giyanti (Palihan Nagari), dan Perjanjian Salatiga secara valid harus berdasarkan fakta sejarah. Salah satu fakta sejarah yang dapat digunakan sebagai pisau bedah untuk memahami ketiga hal di muka adalah Babad Giyanti. Karenanya, bahasan di dalam buku ini dilengkapi dengan pengisahan dan penelaahan Babad Giyanti yang merupakan karya sastra masterpiece pujangga Raden Ngabehi Yasadipura.
Selain menguak tentang Perang Suksesi Jawa III, Perjanjian Giyanti (Palihan Nagari), dan Perjanjian Salatiga; buku ini pula menilik tentang sejarah Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, dan Praja Mangkunegaran pasca kedua perjanjian tersebut. Dengan demikian diharapkan, Anda akan memperoleh pengetahuan secara lengkap mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa pasca Kasunanan Kartasura yang tidak dikisahkan di dalam Babad Tanah Jawa.


No comments:

Post a Comment