Saturday, January 13, 2018

KISAH HORROR KETEMU GENDERUWO

Jenis Buku: Cerita Horor
Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul : KISAH HORROR KETEMU GENDERUWO
Penerbit: Araska Publisher


Menurut mitos Jawa, Gendruwo digolongkan sebagai makhluk halus berkelamin laki-laki yang merupakan arwah orang mati namun kematiannya tidak sempurna. Sebab itu, orang yang mati karena bunuh diri, mengalami kecelakaan, atau penguburan tidak sempurna diyakini oleh sebagian masyarakat Jawa akan menjadi Gendruwo. Hantu yang tinggal di  batu, bangunan tua, pohon besar, atau sudut-sudut lembap sepi dan gelap
Cerita mengenai Gendruwo yang dikenal pula dengan nama Genderuwa atau Gandaruwa masih dikisahkan oleh masyarakat Jawa hingga kini. Pengisahan tersebut bisa bersumber dari cerita orang lain atau dari pengalaman pribadinya saat bertemu dengan makhluk tinggi besar, berkulit hitam, berambut gimbal, bertaring sebesar pisang ambon, dan bermata merah menyala itu.
Karena tetap aktual dan menarik, kisah hantu yang bersumber cerita lisan dari beberapa orang Jawa yang berkaitan Gendruwo dikisahkan ulang secara memikat dalam buku ini. Hal ini dimaksudkan agar cerita seputar Gendruwo tidak hanya diketahui oleh segelintir orang dari lingkup terbatas, melainkan banyak orang dalam lingkup luas.
Tentu saja, pengisahan yang berkaitan dengan Gendruwo ini tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti. Akan tetapi, pengisahan tersebut lebih ditujukan sebagai bentuk penyadaran agar manusia selalu dekat dengan Tuhan di saat menghadapi cobaan berat. Sehingga, manusia tidak mudah menyelesaikan cobaan berat itu dengan cara naif, seperti bunuh diri. Suatu pengakhiran hidup yang tidak sempurna.
Mengingat kandungan pesan moralnya cukup tinggi, buku dengan muatan 13 cerita hantu Gendruwo serta 8 cerita hantu lainnya yang tidak kalah seramnya, layak Anda miliki dan Anda baca. Selamat membaca!


No comments:

Post a Comment