Friday, January 12, 2018

SOEDIRMAN [Riwayat Hidup, Perjuangan, dan Kisah Cinta Sang Jenderal]

Judul: SOEDIRMAN (Riwayat Hidup, Perjuangan, dan Kisah Cinta Sang Jenderal
Penulis: Krishna Bayu Aji & Sri Wintala Achmad
Penerbit: Araska Publisher


Tidak dapat dipungkiri, banyak generasi muda telah mengalpakan sejarah kemerdekaan Indonesia yang berkaitan dengan perjuangan para pahlawan. Para kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi masa depan seluruh rakyat tanpa membeda-bedakan suku, agama, dan ras. Para kusuma bangsa yang selaiknya dicatat dengan tinta emas di lembar-lembar pustaka. Warisan paling berharga untuk menjadi kajian bagi seluruh generasi muda baik di masa sekarang maupun mendatang. Kajian yang bakal memberikan spirit perjuangan di dalam memaknai kemerdekaan melalui karya dan berbagai aktivitas positif lainnya.

Jenderal Soedirman merupakan salah seorang pahlawan nasional yang turut serta mengantarkan Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaannya. Pahlawan yang tidak mengenal lelah dalam melakukan perjuangan. Hal ini bukan isapan jempol. Terbukti sewaktu dalam keadaan sakit keras (tuberculose), Soedirman masih sanggup memimpin pasukannya di dalam melakukan perlawanan terhadap kolonialisme Belanda melalui perang gerilya (hit and run). Salah satu strategi perang yang sangat efektif dan cerdas pada masanya.

Sebagaimana para pahlawan lain, semisal: Pangeran Dipanegara, Pangeran Samber Nyawa (Raden Mas Said), Sultan Agung, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, RA. Kartini, Sukarno, Mohammad Hatta dll, riwayat hidup dan perjuangan Soedirman sangat layak disampaikan ke ruang publik yang lebih luas. Hingga spirit perjuangannya dapat memberikan inspirasi positif. Tidak hanya bagi generasi sekarang, melainkan pula bagi anak-cucu kelak. Sang perwaris perjuangannya.


Dengan demikian, Kehadiran buku SANG JENDERAL: Riwayat Hidup, Perjuangan, dan Cinta Jenderal Soedirman bukan merupakan kerja sia-sia. Mengingat penulisan buku yang menggunakan bahasa ringan namun bernas ini akan memerkaya khasanah sejarah (terutama, sejarah perjuangan) di Indonesia. Buku ini pula diharapkan mampu memberikan sumbang sih positif bagi seluruh masyarakat pembaca. Semoga!

No comments:

Post a Comment