Friday, January 12, 2018

SEJARAH PERANG KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA

Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul Buku:  SEJARAH PERANG KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA
Penerbit: Araska

Barangkali tidak pernah terpikirkan, bahwa jauh sebelum negera Republik Indonesia merdeka, terdapat ribuan kerajaan baik besar maupun kecil yang tersebar pada berbagai titik di bumi Nusantara. Kerajaan-kerajaan yang tidak hanya berada di tanah Jawa dan Sunda, melainkan pula bertebaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dsb.

Sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara mulai terlacak jejaknya semenjak abad ke-2 M. Kerajaan yang berdiri pada masa itu adalah Salakanagara. Suatu kerajaan yang didirikan oleh Dewawarman I di Teluk Lada (Pandeglang). Selain Salakanagara, terdapat kerajaan-kerajaan yang berdiri sejak abad ke-4, antara lain: Tarumanagara, Kutai Martapura, Sriwijaya, Sunda-Galuh, Medang, Siak Sri Inderapura, Samudra Pasai, dsb. Namun kerajaan-kerajaan itu sekarang tinggallah nama, seusai mengalami keruntuhan akibat bencana alam, kudeta, atau kalah dalam peperangan.

Mengetahui sejarah perang kerajaan-kerajaan di Nusantara yang tidak dimaksudkan untuk menyingkap aib melainkan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang sejarah sungguh menarik. Karena sebagai pembaca yang kritis, kita akan mampu mengaplikasikan pengetahuan itu ke dalam kehidupan keseharian. Pengetahuan yang akan mengajarkan pada kita untuk selalu bertindak cerdas agar tidak mudah terjerembab ke dalam lubang kehancuran.


Hanya membaca buku yang diungkapkan secara runtut dan renyah-berisi ini, ktia akan menjadi orang pertama yang niscaya mengetahui sejarah perang kerajaan-kerajaan di Nusantara secara lengkap. Sejarah yang akan membawa Anda untuk sejenak melakukan permenungan masa silam, sebelum menapaki masa depan dengan langkah-langkah cerdas penuh dengan harapan. 

No comments:

Post a Comment