Friday, January 12, 2018

FILSAFAT JAWA

Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul: FILSAFAT JAWA
PenerbitAraska Publisher


Sering kita dengar istilah: “Wong Jawa ilang Jawa-ne”, artinya banyak orang Jawa kehilangan kejawaannya. Banyak orang Jawa tidak lagi mengenal kebudayaan, kesenian, dan kesusastraan warisan para leluhur yang sarat dengan filsafat Jawa. Suatu filsafat yang sangat berguna dalam membentuk suatu pandangan hidup serta kepribadian manusia.
Banyak orang Jawa kehilangan kejawaannya bukan hanya disebabkan oleh faktor kurangnya pendidikan filsafat Jawa yang terkandung di dalam kebudayaan, kesenian, dan kesusastraan, namun karena generasinya sendiri mulai terpengaruh pada budaya modern (barat) dan dampak globalisi yang tidak terbendung.
Realitas mengenai generasi Jawa yang semakin tidak mengenal filsafat Jawa merupakan suatu keprihatinan tersendiri. Karenanya, kehadiran buku ini dimaksudkan untuk memerkenalkan filsafat Jawa yang terkandung dalam kebudayaan, kesenian, dan kesusastraan klasik di lingkungan generasi muda khususnya dan masyarakat Jawa pada umumnya.

Melalui buku ini, pembaca akan mengetahui filsafat Jawa yang sering dibahas di lingkup masyarakat Kejawen. Selain itu, pembaca akan mengenal filsafat Jawa yang terkandung dalam upacara adat; aneka sesaji; sastra klasik; kesenian tradisi (tari bedaya, tari serimpi, wayang, dan kerawitan); benda pusaka (keris, tombak, dan payung); bahasa dan aksara Jawa, serta angka; kuliner tradisi; dan busana adat pria dan wanita. Selamat membaca. 

No comments:

Post a Comment