Wednesday, January 17, 2018

INFO BUKU BARU: ETIKA JAWA

Penulis: Sri Wintala Achmad
Judul: ETIKA JAWA [Pedoman Luhur dan Prinsip Hidup Orang Jawa]
PenerbitAraska Publisher

Merunut pendapat Frans Magnis Suseno bahwa etika Jawa merupakan panduan hidup yang berlandaskan moral, hati nurani, dan olah rasa. Dengan demikian, etika seseorang yang dicerminkan melalui sikap dan bahasa tubuh tidak dapat dilepaskan dengan ketiga unsur tersebut. Karenanya karakter seseorang sangat dipengaruhi seberapa jauh etika yang diterapkan melalui tindakan-tindakan konkrit dalam kehidupan kesehariannya.
Di dalam lingkup masyarakat Jawa yang lebih memperhatikan spiritual ketimbang material, etika Jawa mendapatkan tempat utama. Sebab itu, sumber-sumber yang dijadikan sebagai media untuk pembelajaran etika Jawa terhadap anak-anak selalu digunakan oleh para orang tua. Tentu saja, pembelajaran mengenai etika Jawa tersebut dilakukan oleh para orang tua sejak anak-anak masih berusia dini.
Berbagai sumber yang lazim digunakan oleh para orang tua di dalam memberikan pembelajaran etika Jawa, meliputi: dongeng; lelagon; tembang; simbol-simbol yang melekat pada benda-benda pusaka, bahasa-aksara-angka, sesaji, kuliner, arsitektur, busana adat; seni tradisi; upacara tradisi; aliran kepercayaan; dan slogan-slogan. Di mana semua sumber tersebut akan dibahas tuntas di dalam buku ini.
Karena pentingnya pembelajaran etika jawa kepada generasi Jawa, terutama anak-anak, buku ini sangat penting menjadi pegangan bagi para orang tua. Selanjutnya, buku ini pula dapat dijadikan pedoman bagi para orang tua di dalam memberikan pembelajaran etika Jawa kepada anaki-anak mereka. Selamat membaca dan mengambil sari patinya.  

No comments:

Post a Comment