Thursday, December 10, 2015

BUKU INDUK MAHIR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA



Penulis             :     Sri Wintala Achmad
Judul                :     BUKU INDUK MAHIR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Penerbit           :     Araska


            Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, kebangsaan, dan negara. Ditetapkan sebagai bahasa persatuan, karena Bahasa Indonesia dapat dijadikan alat perekat kesatuan seluruh warga Indonesia yang cenderung menggunakan berbagai bahasa ibu (bahasa daerah). Sehingga dengan Bahasa Indonesia, spirit nasionalisme dari seluruh warga Indonesia senantiasa terjaga.
            Melihat pentingnya fungsi Bahasa Indonesia, maka setiap warga Indonesia diharapkan mampu untuk menggunakannya dengan baik sebagai alat komunikasi atau penyampaian gagasan melalui tulisan. Dengan demikian, tugas untuk mempelajari Bahasa Indonesia tidak hanya diwajibkan bagi anak didik di lingkup dunia akademis; namun pula bagi penulis, sastrawan, dan masyarakat umum.
            Untuk dapat mempelajari Bahasa Indonesia dengan baik, pengguna bahasa harus menguasai tata bahasa yang dibakukan dalam Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnaan (EYD). Karenanya dengan membaca buku ini, Anda akan memperoleh pedoman praktis guna mempelajari Tata Bahasa Indonesia. Tata bahasa yang meliputi: jenis huruf, suku kata, kata dasar, kata jadian, frasa, jenis kata, penggunaan kata yang baik dan benar, kata serapan, unsur kalimat, jenis kalimat, kalimat inti dan inti kalimat, kalimat efektif, penggunaan kalimat yang baik dan benar, tanda baca, singkatan, akronim, sinonim, antonim, homonim, majas, idiom, dan peribahasa.
            Buku ini layak Anda baca. Karena selain mengungkap sejarah Bahasa Indonesia beserta ejaannya, buku ini pula mengajarkan bagaimana menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar baik untuk berkomunikasi maupun menulis karya fiksi dan non fiksi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment