Monday, December 7, 2015

GEGER BUMI MATARAM



Penulis                         :     Sri Wintala Achmad & Krisna Bayu Adji
Judul Buku                   :     GEGER BUMI MATARAM
Penerbit                       :     Araska Publisher


Menyimak sejarah kerajaan-kerajaan pasca Mataram Islam adalah menarik. Mengingat sejarah keberlangsungan kerajaan-kerajaan semisal Kasunanan Kartasura, Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Negeri Pakualaman yang di masa silam banyak diwarnai intrik-intrik politik internal atau intervensi eksternal dari pihak VOC, Pemerintah Hindia Belanda, dan Pemerintahan Inggris hingga menimbulkan pemberontakan dan perang saudara tersebut layak untuk mendapatkan kajian lebih jauh.
Berdasarkan ungkapan di muka, maka tujuan dari penulisan dan penerbitan buku ini diharapkan menjadi jawaban tentang latar belakang kemunculan kelima kerajaan pasca runtuhnya Kasultanan Mataram Islam tersebut. Disamping itu, buku ini akan memberikan jawaban akurat tentang munculnya berbagai pemberontakan, perang saudara, serta Geger Pecinan yang menandai runtuhnya Kasunanan Kartasura di era pemerintahan Raden Mas Prabasuyasa.
Melalui buku ini, Anda akan pula mengetahui bahwa politik yang diterapkan oleh tokoh-tokoh di masa silam bukan berdasarkan salah atau benar, namun lebih berdasarkan pada kepentingan. Fakta tersebut dapat Anda simak melalui sejarah berdirinya Kasultanan Yogyakarta dan Praja Mangkunegaran.
Hanya dengan membaca buku yang disajikan dengan bahasa renyah namun bernas ini, Anda akan semakin dapat memahami bahwa sejarah tidak pernah lepas denga politik para tokoh di jamannya. Satu hal lain yang perlu Anda ingat! Buku ini dijamin akan memperluas dan mempertajam pengetahuan Anda di bidang sejarah. Selamat membaca!

No comments:

Post a Comment