Thursday, December 10, 2015

SENJAKALA MAJAPAHIT



Nama Penulis              :     Krisna Bayu Adji dan Sri Wintala Achmad
Judul Buku                  :     SENJAKALA MAJAPAHIT
Sub Judul                    :     Menguak Sejarah dan Kebusukan Politik Majapahit
Selling Point                :     Di balik kejayaanya, Majapahit menyimpan borok-borok yang tak dapat disembunyikan. Pemberontakan, perang saudara, kudeta kekuasaan, dan bencana alam adalah empat unsur yang kemudian menenggelamkan kejayaan Majapahit ke dalam lubang makam sandyakalanya. 
Penerbit                       :     Araska Publisher.


Majapahit merupakan salah satu kerajaan yang tersohor di tanah Jawa dan Nusantara. Ketersohoran namanya tidak dapat dilepaskan dengan peran Patih Amangkubhumi Gajah Mada semasa pemerintahan Tribhuwana Wijayatunggadewi dan Hayam Wuruk. Pada saat itulah, Gajah Mada yang mendapatkan restu dari raja dan dukungan para punggawa dan pasukan bayangkara mampu membawa Majapahit pada puncak kejayaannya. Mampu menjadikan Majapahit sebagai pusat kekuasaan dari seluruh wilayah di Nusantara. Namun seusai Perang Bubat dan Perang Paregreg, Majapahit lambat-laun mengalami masa surut. Banyak wilayah kekuasaannya melepaskan diri sebagai negeri-negeri yang merdeka.
            Selain Perang Bubad dan Paregreg, masa surut yang senantiasa diwarnai dengan peristiwa-peristiwa perebutan kekuasan, semisal: kudeta yang dilakukan Rajasawardhana pada Kertawijaya, perebutan kekuasaan antara Suryawikrama dengan Samarawijaya, kudeta yang dilakukan Bhre Kertabhumi pada Singhawardhana, serta kudeta yang dilakukan Girindrawardhana  pada Bhre Kertabhumi. Masa surut yang kemudian berujung pada masa keruntuhannya, tatkala Majapahit mendapatkan serangan terakhir dari pasukan Demak di bawah komando Sultan Tranggana.
            Sungguh menarik untuk menguak sejarah Majapahit semenjak pemerintahan Hayam Wuruk hingga Girindrawardhana yang ternyata menyimpan borok-borok di balik masa kejayaannya itu. Karenanya hanya melalui buku yang disajikan dengan bahasa runtut, renyah, dan memikat ini; Anda akan mendapatkan pengetahun lengkap mengenai Sejarah dan Politik Majapahit. Sebuah kerajaan yang diagungkan dalam sejarah, namun tidak luput dari segudang cela dan noda politisnya.
            Hanya melalui buku ini, Anda pula akan dapat menikmati sebuah karya agung Kakawin Nagarakretagama yang digubah dengan bahasa memikat oleh Mpu Prapanca. Seorang pujangga besar Majapahit yang hidup pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Karenanya kehadiran buku ini akan membawa Anda selangkah lebih maju di dalam menapaki jejak-jejak Majapahit.

No comments:

Post a Comment