Wednesday, December 2, 2015

KITAB SAKTI AJARAN RANGGAWARSITA




Nama Penulis             :    Sri Wintala Achmad
Judul Buku                 :    KITAB SAKTI AJARAN RANGGAWARSITA
Penerbit                     :    Araska Publisher

Ranggawarsita merupakan pujangga pamungkas dari Kasunanan Surakarta yang sangat tersohor namanya berkat karya-karya sastranya. Karya-karya yang tidak sekadar memberikan kontribusi kultural pada zamannya, namun pula memberikan kontribusi edukatif pada generasi-generasi berikutnya. Berkat nilai-nilai edukatif yang tersirat di dalam karya-karyanya tersebut menjadikan Ranggawarsita tidak sekadar dikenal sebagai seorang pujangga, melainkan sebagai seorang guru kabajikan dari Jawa.
Banyak hal yang diajarkan oleh Ranggawarsita melalui karya-karyanya. Karenanya hanya melalui buku ini, Anda akan dikenalkan dengan ajaran-ajaran Ranggawarsita. Ajaran-ajaran yang tidak hanya memiliki jalinan erat dengan kebijakan di dalam kepemimpinan negara, kebijakan seorang suami di dalam berumah tangga, kebijakan di dalam menghadapi gejolak Zaman Gemblung; namun pula berkaitan dengan pengetahuan Tasawuf Jawa. Suatu pengetahuan yang membahas mengenai hubungan transendental antara kawula (hamba) dengan Gusti (Tuhan)  dalam kesatuan kosmis.
Buku ini juga akan menyingkap prediksi Ranggawarsita mengenai datangnya masa kejayaan Nusantara sesudah melampaui masa kesulitan panjang di Era Kalabendu (Era Kalatidha). Suatu masa timbulnya Ratu Adil yang akan membawa kesejahteraan bangsa dan negara. Suatu masa dimana kejayaan suatu negara akan kembali dicapai, sebagaimana masa pemerintahan Hayam Wuruk dari Negeri Majapahit.

No comments:

Post a Comment