Thursday, December 10, 2015

SEJARAH PANJANG PERANG DI BUMI JAWA



Penulis             :     Krisna Bayu Adji & Sri Wintala Achmad
Judul Buku       :     SEJARAH PANJANG PERANG DI BUMI JAWA
Selling Point     :     Hanya membaca buku ini, Anda akan menyingkap sejarah perang Jawa dari masa ke masa, sejak Mataram Kuno hingga pasca Kemerdekaan RI.
Penerbit           :     Penerbit Araska


Jawa merupakan wilayah yang tersohor berkat kekayaan hasil bumi dan lautnya. Karenanya, tidak heran banyak penguasa ingin mencengkeramkan kuku-kuku kekuasaannya di bumi Jawa. Mereka tidak hanya raja, saudara raja, punggawa kerajaan; melainkan pula orang-orang Eropa dan Asia (Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang) ingin menguasai bumi Jawa sekalipun harus ditempuh dengan perang.
Berdasarkan catatan sejarah, perang di kalangan para elit kerajaan yang dipicu oleh perebutan takhta guna menguasai bumi Jawa bermula sejak pra Mataram Kuno hingga munculnya empat kerajaan yang merupakan pecahan dari Mataram Islam: Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman. Sesudah itu, perang di Jawa cenderung dilakukan antara rakyat pribumi melawan bangsa kolonial, seperti: Belanda, Jepang, dan Sekutu.
            Menelisik sejarah perang di Jawa adalah menarik untuk dilakukan. Karenanya dengan membaca buku ini, Anda akan dapat menyingkap sejarah perang di Jawa secara lengkap dan gamblang. Suatu sejarah yang menunjukkan bahwa di balik kesuburan dan kemakmuran tanah Jawa menyimpan catatan kelam perihal bersimbahnya darah pemberontak dan sekaligus pahlawan negara.
            Melalui buku ini, pengetahuan Anda tentang sejarah akan semakin luas. Mengingat sejarah bukan sekadar catatan-catatan indah masa silam, namun pula catatan-catatan kelam yang layak direnungkan maknanya guna meraih cita-cita masa depan yang lebih baik. Anda akan menjadi lebih arif seusai membaca buku ini hingga titik terakhir. Selamat membaca!

No comments:

Post a Comment