Sunday, December 6, 2015

ENSIKLOPEDIA KARAKTER TOKOH-TOKOH WAYANG



Penulis                        :     Sri Wintala Achmad
Judul                           :     ENSIKLOPEDIA KARAKTER TOKOH-TOKOH WAYANG
Selling Point                :     1.   Wayang merupakan bayangan manusia itu sendiri. Karenanya dengan membaca buku ini, Anda akan termotivasi untuk membuka ruang refleksi dalam diri melalui media wayang. Refleksi kritis yang niscaya mengarah pada pembentukan karakter positif manusia.
                                          2.   Buku yang sangat menunjang program pendidikan karakter manusia ini bukan sekadar pantas menjadi bacaan bagi pecinta wayang, namun pula bagi masyarakat umum. Terutama bagi orang tua atau guru yang ingin memberikan pembelajaran karakter bagi anak-anak atau siswa-siswinya sejak berusia dini.
Penerbit                       :     Araska


Wayang yang merupakan seni kriya (seni rupa) itu bukan sekadar dapat ditampilkan di depan publik, namun pula dapat dijadikan media pembelajaran karakter bagi setiap manusia. Mengingat setiap wayang niscaya memiliki karakter protagonis atau antagonis yang dapat disaksikan melalui bentuk (warna) wajah serta, gerak, dan jenis suara bila ditampilkan oleh seorang dalang di dalam sebuah pertunjukan.
Melalui pengisahan pada setiap tokoh wayang baik bersumber dari Mahabarata, Ramayana, maupun Pewayangan Jawa; setiap orang akan dapat memperdalam pengetahuannya tentang wayang. Pengetahuan yang mencakup tentang riwayat kehidupan serta karakter-karakter dari setiap tokoh wayang secara detail. Pengetahuan yang akan mengarah pada kerja reflektif, dikarenakan wayang adalah bayangan manusia itu sendiri. Di sinilah letak fungsi wayang sebagai tuntunan kehidupan  bagi manusia di dalam membangun karakter yang positif.
Mengingat kegunaan wayang di dalam membangun karakter manusia, buku yang sangat berguna ini layak dihadirkan di ruang apresiasi publik. Dianggap layak, dikarenakan buku yang menunjang program pendidikan mental manusia ini bukan sekadar menjadi bacaan bagi pecinta wayang, namun pula bagi masyarakat umum. Terutama, bagi orang tua dan guru yang ingin memberikan pembelajaran karakter bagi anak-anak atau siswa-siswinya sejak berusia dini.

No comments:

Post a Comment