Wednesday, December 2, 2015

PAMALI & MITOS JAWA 'ILMU KUNO' ANTARA BEJO DAN KESIALAN







PAMALI & MITOS JAWA
'ILMU KUNO'
ANTARA BEJO DAN KESIALAN

Penulis                         :  Sri Wintala Achmad
Penerbit                       : Araska Publisher

Salah satu keunggulan masyarakat Jawa adalah memperluas pengetahuannya dengan menggunakan ilmu titen. Suatu Ilmu untuk mengetahui tentang misteri manusia atau binatang melalui katuranggan (ciri fisik) serta next occurance (peristiwa yang bakal terjadi) melalui bahasa binatang tertentu atau geliat alam. Kemudian ilmu titen itu menjadi sumber lahirnya Pamali dan Mitos di lingkungan masyarakat Jawa.
Tidak selamanya Pamali dan Mitos Jawa sekadar dimaknai sebagai gugon tuhon. Apabila mendapatk kajian lebih kritis dan mendalam, Pamali dan Mitos Jawa tersebut justru memberikan kearifan bagi manusia. Tidak hanya mereka yang mengaku sebagai orang Jawa, namun bagi siapa saja yang ingin mengetahui soal Jawa.
Melalui buku ini, Anda akan dapat mengetahui segudang butiran Pamali Jawa yang sekian lama senasib mutiara terpendam di kubangan lumpur. Bukan sebatas mengetahuinya, Anda pula akan dapat memahami makna di balik pamali-pamali yang telah mendapatkan kajian kritis dari penulis buku ini. Sehingga Anda menangkap bahwa Pamali Jawa bukan sekadar gugon tuhon, namun lebih sebagai ajaran adiluhung dengan bahasa pasemon.
Disamping mengungkap tentang 84 Pamali Jawa; Pamali Menikah, Hamil, dan Melahirkan; Pamali Menanam Pohon; serta Pamali Kala; buku ini juga dilengkapi dengan babaran tentang aneka mitos Jawa, semisal: Mitos Seputar Binatang, Mitos Mendatangkan Kekayaan, Mitos Tanda Datangnya Keberuntungan, Mitos Katuranggan Wanita, Mitos Kepribadian Wanita Berdasarkan Neptu, Mitos Pengantin Jawa, dsb. Hanya dengan membaca buku ini, Anda akan semakin memahami sisi lain kehidupan dan budaya orang Jawa yang sangat unik dan inspiratif itu.

No comments:

Post a Comment