Monday, December 7, 2015

GEGER BUMI MAJAPAHIT


Penulis             :     Krisna Bayu Adji & Sri Wintala Achmad
Judul Buku       :     Geger Bumi Majapahit     
Penerbit           :     Araska Publisher


Majapahit merupakan sebuah kerajaan tersohor yang pernah ada di bumi Jawa. Ketersohoran Majapahit tidak luput dengan keberhasilan program politik ‘Sumpah Palapa’ Gajah Mada dalam upaya menyatukan wilayah-wilayah di Nusantara yang dimulai sejak pemerintahan Tribhuwana Wijayatunggadewi hingga pemerintahan Hayam Wuruk. Suatu ketersohoran yang diwarnai dengan berkembangnya kebudayaan, kesenian, dan kesusastraan. Hingga masa itu, lahirlah Kakawin Nagarakretagama karya Mpu Prapanda dan Kakawin Sotasoma karya Mpu Tantular.
Di balik ketersohoran nama Majapahit, ternyata menyimpan borok-borok sejak berdiri hingga runtuhnya kerajaan tersebut. Semasa pemerintahan Dyah Wijaya, Majapahit telah dilanda dengan peristiwa kudeta yang digencarkan oleh Ranggalawe. Semasa pemerintahan Jayanagara, Majapahit dalam ancama kudeta Ra Kuti. Semasa pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit telah diterpa badai Perang Bubat akibat kecerobohan Gajah Mada. Perebuatan kekuasaan antar trah Majapahit sejak pemerintahan Wikramawardhana hingga Girindrawardhana. Disamping kudeta dan perang; Majapahit tidak luput dari bencana kelaparan, gempa bumi, dan meletusnya Gunung Kelud. Seangkaian peristiwa alam yang turut menggegerkan negeri hingga mengusik ketenteraman seluruh rakyat Majapahit.
Hanya dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui borok-borok yang tersimpan di balik ketersohoran Majapahit. Borok-borok yang ditimbulkan oleh perebutan kekuasaan dan penindasan. Borok-borok yang membuktikan bahwa politik tidak selamanya membawa kemaslaatan, sebaliknya berpotensi menimbulkan kehancuran. Borok-borok yang bakal memberikan pencerahan pada Anda, bahwa sejarah Majapahit ternyata tidak seindah yang dibayangkan.

No comments:

Post a Comment