Thursday, December 10, 2015

PANDUAN LENGKAP MENJADI PENULIS HANDAL


Penulis                      :    Sri Wintala Achmad
Judul                         :    PANDUAN LENGKAP MENJADI PENULIS HANDAL
Penerbit                    :    Araska


Di lingkup masyarakat tradisi, kegiatan menulis hanya dilakukan oleh segelintir orang. Pada umumnya, mereka berasal dari keluarga ningrat yang mengenyam  pendidikan tinggi. Sementara bagi mereka dari keluarga biasa yang tidak mampu bersekolah ke jenjang lebih tinggi tetap berada di pusaran tradisi ‘dengar’ dan ‘lisan’. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat tempoe doeloe lebih banyak mendapatkan pengetahuan melalui penuturan orang tua atau orang berilmu yang disimak melalui indera pendengarannya.
 Seiring perkembangan zaman, banyak anggota masyarakat biasa yang mampu mengenyam pendidikan tinggi mulai terbuka pintu kesadarannya untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan mencerap ilmu pengetahuan melalui kegiatan membaca. Lambat laun, di antara mereka yang mulai suka membaca tidak hanya ingin menjadi pembaca pasif, namun aktif sebagai penulis. Akan tetapi, banyak di antara mereka belum mengetahui bagaimana cara memulai menulis naskah yang baik untuk dikirim ke media massa atau penerbit.
Bagi Anda yang ingin memulai menulis namun belum mengetahui cara paling efektif, solusinya adalah mudah. Hanya dengan membaca buku ini, Anda akan dapat menulis dalam waktu relatif singkat. Karena kehadiran buku ini akan memberikan panduan menulis yang disajikan secara praktis dan lengkap. Praktis, karena buku ini menjelaskan cara-cara menulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga dengan cepat, Anda dapat mempraktikan cara-cara cerdas sebagaimana digunakan para penulis senior dan profesional. Lengkap, karena buku ini tidak hanya memberikan panduan praktis pada salah satu jenis, melainkan sembilan jenis karya tulis: karya ilmiah; artikel (opini, esai, berita), resensi (buku, drama, film), apresiasi dan kritik sastra, naskah lakon, puisi, prosa lirik, cerpen, dan novel.
Disamping dilengkapi dengan strategi jitu untuk menembus media massa dan penerbit, buku ini pula dilengkapi dengan alamat email media massa dan penerbit di Indonesia. Karenanya dengan membaca buku ini, Anda berpeluang untuk menjadi penulis handal dan sekaligus profesional. Penulis produktif yang karya-karyanya akan dipertimbangkan oleh zaman.

No comments:

Post a Comment